Cara Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Tulang dan sendi adalah alat bantu gerak tubuh. Oleh karena itu sangatlah penting untuk dapat selalu menjaga kesehatan Sendi dan tulang supaya bisa menjalankan kegiatan setiap hari. Sendi menghubungkan antara dua tulang seperti jari tangan, jari kaki, lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, lengan, bahu, tungkai, dan lainnya.

Cara Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Dalam beberapa kasus, persendian dapat mengalami masalah. Nyeri sendi memang sering dialami oleh mereka yang telah berumur namun anak muda juga sudah banyak yang mengalami hal ini. Nyeri berkelanjutan dapat menjadi pertanda penyakit serius.

Tips Menjaga Kesehatan Sendi

1.       Perhatikan berat badan

Berat badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Orang yang mengalami obesitas seringkali mengalami masalah pada persendian karena adanya tekanan untuk menopang tubuh.

Ini bisa berdampak pada persendian yang menjadi mudah lemas sehingga menimbulkan penyakit. Apabila berat badan sudah ideal maka beban pada persendian bisa dikurangi sehingga menjadikan persendian lebih kuat dan lentur.

2.       Olahraga rutin

Kurang olahraga ternyata dapat melemahkan tulang, otot, dan persendian. Tidak melakukan latihan fisik akan meningkatkan risiko kondisi artritis. Maka dari itu, demi menjaga kesehatan persendian, disarankan agar Anda rutin berolahraga minimal 30 menit sehari atau 3-5x per minggu.

Olahraga teratur tidak hanya dapat menjaga kesehatan sendi dan tulang tetapi juga membantu melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan fungsi jantung serta meningkatkan sistem imun tubuh.

3.       Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang buruk juga bisa mengakibatkan kerusakan sendi yang lebih cepat dibandingkan mereka yang memiliki postur tubuh baik. Sendi juga bisa mengalami permasalahan apabila sering memaksa mengangkat beban yang terlalu berat dan juga memaksakan diri melakukan latihan berat yang berulang.

Kebiasaan ini membuat tubuh mudah sakit lutut dan punggung. Maka dari itu, kembangkan kebiasaan duduk tegak, dan istirahatlah saat tubuh mulai merasa lelah setelah berolahraga.

4.       Berhenti merokok

Apabila anda adalah perokok aktif dan sering mengalami nyeri sendiri, sekarang saatnya untuk berhenti merokok karena bukan hanya sebagai penyebab nyeri sendi namun juga berbagai komplikasi kesehatan lainnya.

Rokok bisa meningkatkan resiko paru-paru, kardiovaskular, kanker dan jantung bahkan organ-organ penting lainnya. Oleh karena itu hindari merokok untuk menjaga kesehatan tubuh dan sendi bahkan juga kesehatan orang di sekitar karena perokok pasif juga akan menerima efek samping dari rokok yang dihirup.

5.       Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D

Kedua nutrisi ini memiliki peran yang sangat penting karena dapat menjaga agar tulang dan sendi tetap kuat dan sehat. Apabila seseorang kekurangan dua macam nutrisi ini dapat memicu osteoporosis.

Guna memenuhi vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, Anda bisa melakukan paparan sinar matahari secara rutin sebelum jam 9 atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.

Sekaligus, untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi misalnya seperti susu atau olahan produk susu (yogurt, keju, dll), kacang-kacangan. Bisa juga dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.

Mulai sekarang coba terapkan cara-cara di atas agar kesehatan sendi dan juga kesehatan tubuh tetap terjaga. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen khusus persendian yang umumnya terdiri dari kandungan kalsium dan vitamin D.

Temukan berbagai pilihan suplemen vitamin D dan kalsium untuk membantu menjaga kesehatan persendian di Pyfa Health dengan mengunjungi pyfahealth.com. Tersedia juga berbagai pilihan suplemen, multivitamin, obat dan produk kesehatan di Pyfa Health.

Deskripsi : Kesehatan sendi dapat dijaga dengan melakukan beberapa cara yang harus diterapkan setiap hari dan juga konsisten.